Penjelasan: Apakah Shalat Berjamaah Dengan Jarak Antar Ma’mum Berjauhan Sah Shalat nya?

? Mohon penjelasan apakah shalat berjamaah dengan jarak antar ma’mum berjauhan ( 1-2 meter) Sah shalat nya ?

Deddy Sandi:
? Barisan Sholatnya bolong² dan Berantakan (Padahal Shoff yg bolongnya tersebut akn dimasukin oleh Setan Iblis)

Dlm kaidah Fikih ada perkataan,

#ﺗَﺴْﻮِﻳَﺔَ ﺍﻟﺼُّﻔُﻮﻑِ ﺍﻟﺼَّﻼﺓِ.
MELURUSKAN DAN MERAPATKAN SHOFF (barisan) SHOLĀT.- adalah suatu kewajiban

Oleh sebab itu WAJIB bagi setiap imam (sholãt) untuk tdk memulai sholãtnya sebelum mengontrol shoff (barisan sholãt) makmumnya, iaitu ia sendiri menyuruh kpd para jama’ah (makmum)nya untuk melurusan shoff (barisan) atau menunjuk seseorang yang meluruskan shoff (barisan sholãt)nya

Berikut Tekstual Redaksi Hadits Perintahnya

Hadits pertamanya :

#ﻓﻌﻦْ ﺃَﻧَﺲِ ﺑْﻦِ ﻣَﺎﻟِﻚٍ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻋَﻦْ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﷺ، ﻗَﺎﻝَ : ‏
Dari [Anas bin Mãlik] رضي الله عنه, dari Nabîy ﷺ, Beliau bersabda:

#ﺳَﻮُّﻭﺍ ﺻُﻔُﻮﻓَﻜُﻢْ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺗَﺴْﻮِﻳَﺔَ ﺍﻟﺼَّﻒِّ ﻣِﻦْ ﺗَﻤَﺎﻡِ ﺍﻟﺼَّﻼﺓِ.
Sawwû_Shufû_Fakum، Fa Iñna Taswiyatash-Shoffi Min Tamāmish-Sholāh

Artinya :
LURUSKANLAH SHOFF² (barisan sholat) KALIAN SEMUA، KARENA SESUNGGUHNYA KELURUSAN SHOFF (barisan sholāt) ITU TERMASUK DARI KESEMPURNAAN SHOLĀT”[1]

#ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﻟﻠﺒﺨﺎﺭﻱ ‏( 723 ‏) ‏
“Adapun lafazh (redaksi) yg diriwayatkan oleh Shohîh al-Bukhõrĩy (no. 723), yang berbunyi:

#ﺳَﻮُّﻭﺍ ﺻُﻔُﻮﻓَﻜُﻢْ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺗَﺴْﻮِﻳَﺔَ ﺍﻟﺼُّﻔُﻮﻑِ ﻣِﻦْ ﺇِﻗَﺎﻣَﺔِ ﺍﻟﺼَّﻼﺓِ.
Sawwû Shufû Fakum، Fa Iñna Taswiyatash-Shufûfi Min Iqômatish-Sholāh

Artinya :
LURUSKANLAH SHOFF² (barisan sholat) KALIAN SEMUA، KARENA SESUNGGUHNYA KELURUSAN SHOFF (barisan sholāt) ITU MERUPAKAN BAGIAN DARI MENEGAKKAN SHOLĀT.”[2]

Mufrodãt (kosa-kata) Haditsnya:

“Makna ungkapan dri kalimat,
#ﺳَﻮُّﻭﺍ
Sawwû” [Luruskanlah] berbentuk kalimat Fi’il Amr (kata kerja yang menunjukkan makna “PERINTAH”).

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ ٱللّٰهُ عَنْهُ، قَالَ: رَسُولُ ٱللّٰهِ ﷺ، قَالَ:
?Dari Abû Huroiroh (wft thn. 57H) rodhiyallôhu ‘anhu, ia berkata: Rosûlullôh ﷺ pernah bersabda:

ﻭَﺃَﻗِﻴْﻤُﻮْﺍ ﺍﻟﺼَّﻒِّ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺇِﻗَﺎﻣَﺔِ ﺍﻟﺼَّﻒِّ ﻣِﻦْﺣُﺴْﻦِ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ
“Dan tegakkanlah shoff (barisan) di dalam sholāt, karena sesungguhnya menegakkan shoff (barisan sholāt) termasuk diantara baiknya sholāt”[3]

? Fõtnote?:

[1]. Sanãdnya:
ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﺍﻟْﻤُﺜَﻨَّﻰ ﻭَﺍﺑْﻦُ ﺑَﺸَّﺎﺭٍ ﻗَﺎﻻَ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﺟَﻌْﻔَﺮٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺷُﻌْﺒَﺔُ ﻗَﺎﻝَ ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﻗَﺘَﺎﺩَﺓَ ﻳُﺤَﺪِّﺙُ “ﻋَﻦْ ﺃَﻧَﺲِ ﺑْﻦِ ﻣَﺎﻟِﻚٍ” ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻋَﻦْ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﷺ، ﻗَﺎﻝَ : ‏
“Telah menceritakan kepadaku [Muhammad bin Al-Mutsann] dan [Ibnu Basy-syãrin] keduanya berkata : Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Ja’far], telah menceritakan kepadaku [Syu’bah], Aku mendengar dari [Qotãdah], beliau menceritakan: dari [Anas bin Mãlik] رضي الله عنه, dari [Nabiy ﷺ]….

Takhrij Hadits

ﻭﻗﺎﻟﻪ: ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢٌ ‏(433) ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺤﻪ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﺼﻼﺓ، ﺑﺎﺏ، ﻭﺍﻟﻠﻔﻆ ﻟﻪ.
Muttafaqun ‘Alaĩh :
diriwayatkan oleh Muslim, dlm kitãb Shohĩhnya, Bab: Sholãt, (hlm. I/324, no. 433) dan lafazh ini miliknya.

ﻭﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ‏(690)
Dan Shohĩh Al-Bukhõrĩy, (no. 690),
ﻭﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ (ﺭﻗﻢ : 993)
dan Ibnu Majãh (hlm. I/317 no. 993), dan dan ‘Aunul Ma’bud (hlm. II/367 no. 654),
~~~~~

[2]. Sanãdnya:

ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑُﻮ ﺍﻟْﻮَﻟِﻴﺪِ ﻗَﺎﻝَ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺷُﻌْﺒَﺔُ ﻋَﻦْ ﻗَﺘَﺎﺩَﺓَ ﻋَﻦْ ﺃَﻧَﺲٍ ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰِّ ﷺ ﻗَﺎﻝَ ‏«
“Telah menceritakan kepadaku [Abũ Al-Walĩd] beliau berkata : Telah menceritakan kepadaku [Syu’bah] dari [Qotãdah] dari shohabat [Anas bin Mãlik] رضي الله عنه, dari [Nabiy ﷺ]….

ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ (ﺭﻗﻢ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ : 723)، ﻭﺍﻟﻠﻔﻆ ﻟﻪ،
“Diriwayatkan oleh Shohĩh al-Bukhõrĩy, dlm kitãb Fat-hul Bãrĩy, (hlm. II/209, no. 723) dan lafazh ini miliknya.

ﻭﻣﺴﻠﻢ ﺑﻤﻬﺘﺎﻩ (ﺭﻗﻢ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ : 433)
Dan Imam Muslim, dlm kitãb Shohĩhnya, (hlm. I/324, no. 433), spt tlh dinukil diatas.

[3] Sanãdnya:

ﺃَﺧْﺒَﺮَﻧَﺎ ﺍﺑْﻦُ ﻗُﺘَﻴْﺒَﺔَ ، ﻗَﺎﻝَ : ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺍﺑْﻦُ ﺃَﺑِﻲ ﺍﻟﺴَّﺮِﻱِّ ، ﻗَﺎﻝَ : ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﺮَّﺯَّﺍﻕِ ، ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﺧْﺒَﺮَﻧَﺎ ﻣَﻌْﻤَﺮٌ ، ﻋَﻦْ ﻫَﻤَّﺎﻡِ ﺑْﻦِ ﻣُﻨَﺒِّﻪٍ ، ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ رضي الله عنه، ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ اللهِ ﷺ:
“Telah menceritakan kepadaku [Ibnu Qutaibah], ia berkata : Telah menceritakan kepadaku [Ibnu Abĩy Al Sarrĩy], ia berkata : Telah menceritakan kepadaku [Abdur-Rozzãq], dia berkata : Telah mengkabarkan kepadaku [Ma’mar], dari [Hammãm bin Munabbih], dari Abĩy [Huroiroh] r

odhiyallõhu ‘anhu, dari sabda Rosũlullõh ﷺ:

Takhrij Haditsnya:

ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ (ﺭﻗﻢ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ : 722)، ﻭﻣﺴﻠﻢ (ﺭﻗﻢ :435)، ﻭﺃﺣﻤﺪ ﻓﻲ ﻣﺴﻨﺪﻩ (ﺭﻗﻢ : 261 ، 10083)، ﻭﻣﺴﻠﻢ :(ﺭﻗﻢ : 275 ،663)
Haditsnya, ‘Muttafaqun ‘Alaĩh: [Shohĩh Al-Bukhõrĩy (no. 722), dan Shohĩh Muslim (no. 435), dan Ahmad dlm Kitãb Musnadnya, (hlm. 261, no.10083), dan Muslim dlm kitãb Fat-hul Bãrĩy, (hlm. 275, no. 663)

ﻭﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺤﻪ (ﺭﻗﻢ : 360 ، 2216 ، 2218)، ﻭﺍﻟﻠﻔﻆ ﻟﻪ
Dan Ibnu Hibbãn dlm Kitãb Shohĩhnya, (hlm. 360, no. 2216, 2218), dan lafazh ini miliknya

ﻭﻋﺒﺪ ﺍﻟﺮﺯﺍﻕ ﺍﻟﺼﻨﻌﺎﻧﻲ ﻓﻲ ﻣﺼﻨﻒ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺮﺯﺍﻕ (ﺭﻗﻢ : 2340)
Dan Imam Abu Bakar Abdur-Rozzãq bin Hammam ash-Shon’ani (wft th. 211 H), dlm Mushonnaf Abdur-Rozzãq, (no. 2340), tahqiq Syaikh Habiburrohmãn al-A’zhomi, cet.II, al-Maktab al-Islamiy, (th. 1403 H)

ﻭﺇﺳﺤﺎﻕ ﺑﻦ ﺭﺍﻫﻮﻳﺔ ﻓﻲ ﻣﺴﻨﺪﻩ (ﺭﻗﻢ : 337)
Dan Ishãq bin Rõhuwyah dlm Musnadnya (no. 337)

ﻭﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ ﺍﻟﺴﺠﺴﺘﺎﻧﻲ (ﺭﻗﻢ : 582)
Dan Abũ Dãwud (no. 582), dan yg lain² nya

Forum Tanya Jawab Fiqih
Di bawah PP Pemuda Persis
Lembaga Kajian Turots dan Pemikiran Islam

@tanya_jawab_fikih
Tim asatidz Group TJF
Ust Ginanjar Nugraha
Ust Muslim Nurdin
Ust Ahmad Wandi
Ust Robi Permana
Ust Syamsuddin

Lembaga Kajian Turats dan Pemikiran Islam
PP Pemuda Persis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *