Bagaimana Kaifiyat Idul Fitri Dalam Kondisi Pandemi Covid-19?

Ada bererapa hal yang perlu difahami pertama, Idul Fitri termasuk syiar yang harus ditegakkan dan diagungkan, berdasarkan keterangan dalil :

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ دَخَلَ أَبُو بَكْرٍ وَعِنْدِي جَارِيَتَانِ مِنْ جَوَارِي الْأَنْصَارِ تُغَنِّيَانِ بِمَا تَقَاوَلَتْ الْأَنْصَارُ يَوْمَ بُعَاثَ قَالَتْ وَلَيْسَتَا بِمُغَنِّيَتَيْنِ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ أَمَزَامِيرُ الشَّيْطَانِ فِي بَيْتِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَذَلِكَ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا أَبَا بَكْرٍ إِنَّ لِكُلِّ قَوْمٍ عِيدًا وَهَذَا عِيدُنَا

Dari ‘Aisyah RA., ia berkata, “Abu Bakar masuk menemui aku saat itu di sisiku ada dua orang budak tetangga Kaum Anshar yang sedang bersenandung, yang mengingatkan kepada peristiwa pembantaian kaum Anshar pada perang Bu’ats.” ‘Aisyah melanjutkan kisahnya, “Kedua sahaya tersebut tidaklah begitu pandai dalam bersenandung. Maka Abu Bakar pun berkata, ‘Seruling-seruling setan (kalian perdengarkan) di kediaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam!’ Peristiwa itu terjadi pada Hari Raya ‘Ied. Maka bersabdalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, ‘Wahai Abu Bakar, sesungguhnya setiap kaum memiliki hari raya, dan sekarang ini adalah hari raya kita’.” (HR. Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari, I: 324, No. 909).

وَفِي هَذَا اَلْحَدِيثِ مِنْ اَلْفَوَائِدِ مَشْرُوعِيَّة اَلتَّوْسِعَة عَلَى اَلْعِيَالِ فِي أَيَّامِ اَلْأَعْيَادِ بِأَنْوَاعِ مَا يَحْصُلُ لَهُمْ بَسْط اَلنَّفْس وَتَرْوِيح اَلْبَدَن مِنْ كَلَف اَلْعِبَادَة ، وَأَنَّ اَلْإِعْرَاضَ عَنْ ذَلِكَ أَوْلَى . وَفِيهِ أَنَّ إِظْهَار اَلسُّرُور فِي اَلْأَعْيَادِ مِنْ شِعَارِ اَلدِّينِ – فتح الباري 3: 371 –

Dan pada hadis ini terdapat beberapa faidah, antara lain disyariatkan memberi kelapangan kepada keluarga pada hari-hari ied dengan berbagai macam hal yang dapat menggembirakan jiwa dan merehatkan badan dari beban ibadah dan sungguh meninggalkan itu lebih utama, dan padanya terdapat dalil bahwa memperlihatkan kegembiraan pada hari-hari ied termasuk syiar agama Islam.” (Fath Al-Bari, III: 371).

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَخْرُجُ فِي الْعِيدَيْنِ مَعَ الْفَضْلِ بْنِ عَبَّاسٍ ، وَعَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ ، وَالْعَبَّاسِ ، وَعَلِيٍّ ، وَجَعْفَرٍ ، وَالْحَسَنِ ، وَالْحُسَيْنِ ، وَأُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ ، وَزَيْدِ بْنِ حَارِثَةَ ، وَأَيْمَنَ ابْنِ أُمِّ أَيْمَنَ ، رَافِعًا صَوْتَهُ بِالتَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ ، فَيَأْخُذُ طَرِيقَ الْحَدَّادِينَ حَتَّى يَأْتِيَ الْمُصَلَّى ، فَإِذَا فَرَغَ رَجَعَ عَلَى الْحَذَّائِينَ حَتَّى يَأْتِيَ مَنْزِلَهُ

Dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah saw. keluar dalam Iedain bersama Al-Fadhl bin Abbas, Abdullah bin Abbas, Al-Abbas, Ali, Ja’far, Al-Hasan, Al-Husen, Usamah bin Zaid, Zaid bin Haritsah, dan Aiman Ibnu Ummi Aiman, sambil meninggikan suara beliau dengan tahlil dan takbir. Beliau mengambil jalan Hadadain mendatangi mushala, maka ketika selesai, beliau kembali mengambil jalan Hadzaain sampai mendatagi rumah beliau.” (HR. Ibnu Khuzaimah, Shahih Ibnu Khuzaimah, II:343, No.1431 dan Al-Baihaqi, As-Sunan Al-Kubra, III: 279, No. 5925).

عَنْ نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَخْرُجُ مِنَ الْعِيدَيْنِ رَافِعًا صَوْتَهُ بِالتَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ فَيَأْخُذُ طَرِيقَ الْحَدَّادِينَ حَتَّى يَأْتِيَ الْمُصَلَّى، فَإِذَا فَرَغَ رَجَعَ عَلَى الْحَذائِينَ حَتَّى يَأْتِيَ مَنْزِلَهُ

Dari Nafi’, dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah saw. keluar untuk Iedain sambil meninggikan suara beliau dengan tahlil dan takbir. Beliau mengambil jalan Hadadain mendatangi mushala, maka ketika selesai, beliau kembali mengambil jalan Hadzaain sampai mendatagi rumah beliau.” (HR. Al-Baihaqi, Syu’ab Al-Iman, V: 288, No. 3441).

عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتْ كُنَّا نُؤْمَرُ بِالْخُرُوجِ فِى الْعِيدَيْنِ وَالْمُخَبَّأَةُ وَالْبِكْرُ قَالَتْ : الْحُيَّضُ يَخْرُجْنَ فَيَكُنَّ خَلْفَ النَّاسِ يُكَبِّرْنَ مَعَ النَّاسِ.

Dari Umu Athiyah, ia berkata, ”Kami diperintah keluar pada ‘idain (‘Idul Adha dan ‘Idul Fitri), dan para gadis.” Ia berkata, “Dan para wanita haid juga keluar, namun mereka berada di belakang jamaah dan ikut bertakbir bersama mereka.” (HR. Muslim, Shahih Muslim, II: 606, No. 890).

عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ: أُمِرْنَا أنْ نُخْرِجَ الحُيَّضَ يَومَ العِيدَيْنِ، وذَوَاتِ الخُدُورِ فَيَشْهَدْنَ جَمَاعَةَ المُسْلِمِينَ، ودَعْوَتَهُمْ ويَعْتَزِلُ الحُيَّضُ عن مُصَلَّاهُنَّ، قالتِ امْرَأَةٌ: يا رَسولَ اللَّهِ إحْدَانَا ليسَ لَهَا جِلْبَابٌ؟ قالَ: لِتُلْبِسْهَا صَاحِبَتُهَا مِن جِلْبَابِهَا

Dari Ummu ‘Athiyah, “Kami diperintahkan untuk mengajak keluar (wanita) haid dan wanita yang sedang dipingit pada dua hari raya, sehingga mereka bisa menyaksikan jama’ah kaum Muslimin dan menyambut seruan mereka, dan wanita-wanita haid menjauh dari tempat shalat mereka.” Seorang wanita lalu, “Wahai Rasulullah, di antara kami ada yang tidak memiliki jilbab?” Beliau menjawab, “Hendaklah temannya meminjamkan jilbab miliknya kepadanya.” (HR. Shahih Al-Bukhari, I: 139, No. 344).

عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتْ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نُخْرِجَهُنَّ فِي الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى الْعَوَاتِقَ وَالْحُيَّضَ وَذَوَاتِ الْخُدُورِ فَأَمَّا الْحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلَاةَ وَيَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِينَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِحْدَانَا لَا يَكُونُ لَهَا جِلْبَابٌ قَالَ لِتُلْبِسْهَا أُخْتُهَا مِنْ جِلْبَابِهَا

Dari Ummu Athiyyah ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kepada kami agar mengajak serta keluar melakukan shalat idul fithri dan idul Adlha para gadis, wanita haid dan wanita yang sedang dipingit. Adapun mereka yang sedang haidl tidak ikut shalat, namun turut menyaksikan kebaikan dan menyambut seruan kaum muslimin. Saya bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, “Wahai Rasulullah, di antara kami ada yang tidak memiliki baju.” Beliau menjawab: “Hendaknya saudaranya yang memiliki jilbab memakaikannya..” (HR. Muslim, Shahih Muslim, II: 606, No. 890).

Kedua, Shalat Idul Fitri hukumnya sunnah muakkadah yang dilaksanakan secara berjamaah. Berikut keterangan dalilnya :

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى فَأَوَّلُ شَيْءٍ يَبْدَأُ بِهِ الصَّلَاةُ ثُمَّ يَنْصَرِفُ فَيَقُومُ مُقَابِلَ النَّاسِ وَالنَّاسُ جُلُوسٌ عَلَى صُفُوفِهِمْ فَيَعِظُهُمْ وَيُوصِيهِمْ وَيَأْمُرُهُمْ فَإِنْ كَانَ يُرِيدُ أَنْ يَقْطَعَ بَعْثًا قَطَعَهُ أَوْ يَأْمُرَ بِشَيْءٍ أَمَرَ بِهِ ثُمَّ يَنْصَرِفُ

Dari Abu Sa’id Al-Khudriy, ia berkata, “Pada hari raya Idul Fitri dan Adha Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam keluar menuju tempat shalat (lapangan), dan pertama kali yang beliau kerjakan adalah shalat hingga selesai. Kemudian beliau berdiri menghadap orang banyak sedangkan mereka dalam keadaan duduk di barisan mereka. Beliau memberi pengajaran, wasiat dan memerintahkan mereka. Dan apabila beliau ingin mengutus pasukan, maka beliau sampaikan atau beliau perintahkan (untuk mempersiapkannya), setelah itu beliau berlalu pergi.” (HR. Al-Bukhari, Shahih Al-Bukhari, I: 326, No. 913).

Ketiga, Pelaksanaan Shalat Idul Fitri dapat dilaksanakan Sesuai Situasi dan Kondisi, yaitu pada zona hijau dan kuning, dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan.

عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ خَادِمِ رَسُولِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ : كَانَ أَنَسٌ إِذَا فَاتَتْهُ صَلَاةُ الْعِيدِ مَعَ الْإِمَامِ ، جَمَعَ أَهْلَهُ فَصَلَّى بِهِمْ مِثْلَ صَلَاةِ الْإِمَامِ فِي الْعِيدِ .

Dari Ubaidullah bin Abu Bakar bin Anas bin Malik, ia berkata, “Anas apabila terlewat shalat Ied bersama Imam, ia mengumpulkan keluarganya, lalu shalat bersama mereka seperti shalat Imam dalam Ied.” (HR. Al-Baihaqi, As-Sunan Al-Kubra, III: 305, No. 6031).

وَيُذْكَرُ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ : أَنَّهُ كَانَ إِذَا كَانَ بِمَنْزِلِهِ بِالزَّاوِيَةِ فَلَمْ يَشْهَدِ الْعِيدَ بِالْبَصْرَةِ ، جَمَعَ مَوَالِيَهُ وَوَلَدَهُ ، ثُمَّ يَأْمُرُ مَوْلَاهُ عَبْدَ اللهِ بْنَ أَبِي عُتْبَةَ فَيُصَلِّي بِهِمْ كَصَلَاةِ أَهْلِ الْمِصْرِ رَكْعَتَيْنِ ، وَيُكَبِّرُ بِهِمْ كَتَكْبِيرِهِمْ

Dan disebutkan dari Anas bin Malik, bahwa ia apabila berada di tempat tinggalnya di Zawiyah, maka ia tidak menghadiri Ied di Bashrah, ia mengumpulkan para Mawla dan anaknya, kemudian menyuruh Mawlanya Abdullah bin Abu ‘Uthbah, lalu shalat mengimami mereka dua rakaat seperti shalat penduduk kota, dan bertakbir bersama mereka seperti takbirnya mereka (penduduk kota)” (As-Sunan Al-Kubra, III: 305, No. 6031).

Diriwayatkan pula oleh Imam Ath-Thahawi

عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ جَدِّهِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : إِذَا كَانَ فِي مَنْزِلِهِ بِالطَّفِّ فَلَمْ يَشْهَدِ الْعِيدَ إِلَى مِصْرِهِ جَمَعَ مَوَالِيَهُ وَوَلَدَهُ ، ثُمَّ يَأْمُرُ مَوْلَاهُ عَبْدَ اللهِ ابْنَ أَبِي عُتْبَةَ فَيُصَلِّي بِهِمْ كَصَلَاةِ أَهْلِ الْمِصْرِ

Dari Ubaidullah bin Abu Bakar bin Anas (cucu Anas bin Malik) dari kakeknya Anas bin Malik Ra, ia berkata, “Apabila ia berada di tempat tinggalnya di Thaf, maka ia tidak menghadiri Ied di kota, ia mengumpulkan para Mawla dan anaknya, kemudian menyuruh Mawlanya Abdullah bin Abu ‘Uthbah, lalu shalat mengimami mereka dua rakaat seperti shalat penduduk kota.” (HR. Ath-Thahawi, Syarah Ma’aniy Al-Aysar, IV: 349, No. 7290).

Dalam riwayat Imam Ibnu Abu Syaibah, dari jalur Yunus, diterangkan

عَنْ يُونُسَ قَالَ حدَّثَنِي بَعْضُ آلِ أَنَسٍ أَنَّ أَنَسًا كَانَ رُبَّمَا جَمَعَ أَهْلَهُ وَحَشَمَهُ يَوْمَ الْعِيدِ ، فَصَلَّى بِهِمْ عَبْدُ اللهِ بْنُ أَبِي عُتْبَةَ رَكْعَتَيْنِ

Dari Yunus, ia berkata, “Sebagian keluarga Anas telah menceritakan kepadaku bahwa Anas terkadang mengumpulkan keluarga dan kerabatnya pada hari Ied. Maka Abdullah bin Abu ‘Uthbah shalat mengimami mereka dua rakaat.” (Al-Mushannaf, II: 4, No. 5803).

“Sebagian keluarga Anas yang dimaksud dalam riwayat itu adalah Abdullah bin Abu Bakar bin Anas.” Demikian Al-Hafizh Ibnu Hajar menjelaskan. (Fath Al-Bari, II: 475).

D. Dalam kondisi pandemi Covid-19 tidak terkendali (zona merah), Shalat Idul Fitri tidak dilaksanakan.
Mengingat Sabda Nabi saw.:

لَا ضَرَرَ وَلَا ضِرَارَ

“Tidak boleh ada bahaya dan tidak boleh membahayakan orang lain” (HR. Ibnu Majah, Sunan Ibnu Majah, II: 784, No. 2340, Ad-Daraquthni, Sunan al-Daraquthni, IV: 227, No. 83).

Kaidah Fiqhiyyah:

الضَّرَرُ يُزَالُ

“Kemadharatan itu dihilangkan”

المَنْدُوْبُ لاَ يَجِبُ إِتْمَامُهُ وَلَا قَضَاؤُهُ

“Mandhub itu tidak wajib menyempurnakannya dan menggantinya”

تَرْكُ الْحَرَامِ مُقَدَّمٌ عَلَى الْمَنْدَوْبِ

“Meninggalkan yang haram didahulukan daripada mengerjakan yang mandhub”

*) Disarikan dari putusan Dewan Hisbah Persis dan beserta dalil-dalilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *